Thursday 14 August 2014

Belajar Budidaya Ikan Wader Kali

Ikan wader ialah jenis ikan air tawar yang paling gampang ditemukan di daerah sungai atau waduk yang airnya jernih. Ikan wader ini memiliki ciri khas pada fisik tubuh, yaitu adanya dua bintik pada tubuhnya. Ikan wader tergolong dalam suku Cyprinidae, untuk penyebarannya secara rata di daerahAsia Tenggara dan Asia Selatan seperti negara Indonesia dan India.

http://jagoposting.blogspot.com/2014/08/budidaya-ikan-wader.htmlIkan wader ini di alam liar memakan segalanya mulai dari telur ikan kecil, larva, tumbuhan air seperti lumut, dan sejenis serangga air. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang kecil sebesar jari kelingking dan yang paling besar bisa mencapai sebesar ibu jari/jari jempol manusia. Dengan bentuk tubuhnya seperti itu membuat gerakannya gesit/lincah, biasanya kebiasaan ikan ini sering bersembunyi di balik bebatuan sungai.

 Selain dikatakan ikan kecil yang gesit, ikan wader juga dikenal sebagai ikan yang gemar dikonsumsi. Untuk merubah ikan wader menjadi ikan yang enak dikonsumsi memang tidaklah sulit, tidak memerlukan banyak bumbu untuk membuat cita rasa yang nikmat. Hanya di goreng sampai kering seperti krupuk begitu saja sudah nikmat. Dengan cita rasanya yang enak beberapa orang berusaha peruntungan dengan budidaya ikan wader, memang dalam menjalankanya tidak sebegitu rumit.

Dalam budidaya ikan wader tidak diperlukan begitu luas lahan, dengan lahan kecil pun bisa anda lakukan. Selain ituperalatan atau perlengkapan budidaya ikan wader begitu simpel dan sederhana, hanya yang paling penting menjaga keadaan kebersihaan air pada kolam. Untuk lebih jelasnya saya uraikan di bawah ini.

  1. Persiapkan bibit ikan wader ( pilih bibitan yang bagus ).
  2. Siapkan sebuah kolam sedang (tidak terlalu kecil atau terlalu besar) 
  3. Isi kolam dengan batu-batuan sungai ukuran sedang secukupnya (3-5 batu untuk tempat bersembunyinya ikan )
  4. Beri sebuah tanaman enceng gondok/tanaman apung (jangan terlalu banyak)
  5. Buatkan sebuah aliran air (seperti pancuran air)
  6. Jika semua sudah siap isi kolam dengan air jernih 
  7. Kemudian masukan bibitan ikan wader
Oke, tips budidaya ikan wadernya selesai. Untuk saran saya usahakan membuat habitat seperti aslinya di alam liar.

Mungkin itu saja tips budidaya ikan wader dari saya semoga bisa membantu kawan-kawan. Terimakasih sudah membaca dan mampir di blog Jago Posting, jangan lupa balik lagi dan share artikel ini.. Salam Sukses

Belajar Budidaya Ikan Wader Kali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blog Gado-Gado

1 komentar:

  1. Belajar Budidaya Ikan Wader Kali >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Belajar Budidaya Ikan Wader Kali >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Belajar Budidaya Ikan Wader Kali >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete