Tuesday 21 June 2016

Resep Ternak Cucak Hijau Juara


Ternak burung cucak hijau juara belum begitu banyak orang yang menggeluti profesi ini. Tetapi tenang sahabat kicau sudah ada kok yang berhasil menangkarkan burung yang satu ini. Memang ya burung yang berasal dari hasil penangkaran masa penjinakan lebih mudah dari pada burung yang berasal dari alam atau lebih dikenal dengan muda hutan. Oke sahabat kicau dalam pemilihan burung bakalan/bahan sangat diperlukan untuk menghasilkan burung juara.Dalam hal satu ini tergantung selera sahabat kicau bisa memilih bahan berasal dari penangkaran ataupun dari alam.


Cucak hijau saat ini menjadi burung yang digemari oleh pecinta burung, dengan ciri khas burung berwarna hijau pada bagian tubuh kemudian warna hitam di bagian wajahnya ditambah lagi gaya bertarung siburung yang garang menambah keistimewaan burung cucak hijau. Di alam sendiri terdapat beberapa jenis burung ini antar lain cucak hijau sumatra, cucak hijau kalimantan dan cucak hijau jatim. Karena ketersediaan cucak hijau di alam semakin sedikit, maka sebagian orang berusaha menangkarkan burung ini. Jadi sebelum sahabat kicau simak terlebih dahulu artikel ini cara ternak cucak hijau juara.


Bongkar Ternak Cucak Hijau Juara



1. Pemilihan Indukan Cucak Hijau

Ini adalah langkah awal dalam berternak cucak hijau. Pemilihan indukan yang tepat dengan kualitas yang bagus makan akan menghasilkan anakan yang berkualitas juga.
Pilih indukan jantan yang sudah siap berusia diatas 2 tahun.
Pilih indukan betina yang sudah siap diatas 1 tahun.
Kondisi indukan sehat.
Gerakan lincah
Rajin bunyi terutama untuk indukan jantan
Tidak cacat keadaan indukan
Pilih postur yang sama (besar atau kecilnya)
Pilih indukan memiliki mental yang bagus.

2. Penjodohan Indukan
Setelah mendapatkan indukan dengan ciri-ciri pada tahap satu, maka tahap selanjutnya adalah tahap penjodohan indukan tersebut.
Sediakan 1 sangkar yang terdapat sekat ditengahnya, atau menggunakan 2 sangkar yang didekatkan terus.
Masukan indukan kedalam sangkar secara terpisah.
Jika sudah biarkan kedua indukan ini saling PDKT
Tunggu  hingga indukan ini berjodoh
Biasanya proses penjodohan ini memerlukan waktu sedikit lama berkisaran 1-2 minggu.

3. Kandang Penangkaran
Jika kedua indukan sudah berjodoh maka diperlukan sebuah kandang umbaran untuk menaruh indukan tersebut. Sebelum memasukan indukan sebaiknya memasang sarang untuk indukan betina bertelur nantinya. Untuk ukuran kandang tidak usah lebar-lebar yaitu tinggi 2 meter dan lebar 2,5 meter. Didalam kandang usahan diberi tangkringan atau sebuah pohon kecil untuk bertenggernya burung. Jangan lupa sediakan tempat untuk makan minum dan keramba mandi. Pembuatan sangkar bisa menggunakan batok kelapa yang dibelah tata beberapa daun cemar,pinus atau serabut di dalam batok kelapa kemudian sisa daun cemara,pinus atau serabut ditaruh didasar kandang.

4. Asupan Gizi Pakan
Dalam berternak cucak hijau pemberian makanan tidak sama dalam dengan perawatan harian karena kebutuhan nutrisi siburung indukan begitu besar. Perhatikan asupan gizi yang diperlukan baik buah-buah ataupun ekstra foodnya. Untuk buah-buahan bisa seperti buah pepaya, buah pisang sedangkan ekstra food bisa memberikan kroto, jangkrik maupun ular hongkong. Tak lupa sediakan wadah untuk makanan tambahan yaitu voer. Pemberian multivitamin juga harus diperhatikan saat masa reproduksi seperti mineral, kalsium, vit A dll, bisa anda memberinya dengan mencampur pada wadah air minumnya.

5. Masa pengeraman dan penetasan
Disaat waktu pengeraman usahakan dikeadaan sekitar kandang dalam keadaan nyaman dan jauh dari gangguan. Gangguan tersebut bisa muncul dari suara bising atau gangguan dari hewan disekitar seperti tikus dan kucing. Masa penggeraman cucak hijau sekitar 14 hari (2 minggu) dan waktu penetasan telur tegantung kondisi disekitar dan betina itu sendiri. Pada saat masa penggeraman pemberian ekstra food sedikit dikurangi. Kemudian beberapa hari sebelum penetasan telur berikan kroto, maka pada saat penetasan telur sehingga induknya bisa memberikan makan anaknya kroto.

6. Pelolohan anakan cucak hijau
Saat anakan memasukin usia antara 7-10 hari , pindahkan anakan kedalam box yang hangat dengan dialasi handuk biar tetap trasa hangat. Jangan lupa pasang lampu untuk menjaga temperatur hangat disekitar anakan cucak hijau. Berikan pakan kroto yang dicampur dengan sedikit air dan berikan pada anakan cucak hijau. Atau juga  Jika umur anakan cucak hijau sudah lebih dari 10 hari bisa memberikan pakan kroto dicampur dengan voer mencampurnya juga ditambahi air sedikit. Nah dari sini lah akan muncul bibit-bibit baru cucak hijau juara.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat ya. Jangan lupa komentar di bawah ya dan bantu share. Terimakasih sudah mampir dan membaca artikel ini. Salam Kicau Mania.!!

Resep Ternak Cucak Hijau Juara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blog Gado-Gado

0 komentar:

Post a Comment